di UNS Solo

1484312683577

Akhirnya sampai di Solo~

Kota yang terkenal dengan ciri khas batiknya dan Kota Solo ini mempunyai dua nama yang dimana nama tersebut sama digunakan, yakni Solo serta Surakarta. Pada mulanya masyarakat sudah familiar dengan Desa Sala, maka banyak orang yang menyebut dengan Kraton Sala lalu jadilah penyebutan itu hingga sekarang. Nama Sala masih dipergunakan, dan nama Surakarta juga tetap dipakai. Namun, entah dimulai oleh siapa dan kapan, dan karena apa pula, kata Sala berubah penulisan serta pembacaannya menjadi Solo.

Tempat yang aku kunjungi di Kota ini adalah Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta terletak di Jalan Ir. Sutami 36 A, Surakarta, 57126. Aku kesana dalam rangka kegiatan Himpunan untuk silaturahmi ke Format (Forum Mahasiswa Agroteknologi) UNS. Kegiatannya berlangsung selama satu hari dan dilanjutkan ke UNIBA Surakarta.

🙌 – at Gedung B Fakultas Pertanian UNS

Bina Desa Agroteknologi 2016

Bina Desa Agroteknologi^^ – at Rancakalong

IMG_20161212_090725

Wellcome my room, i’m come back!

5 hari di Rancakalong Sumedang banyak banget pelajaran dan pastinya juga pengalamannya.

To first, aku jadi lebih bersyukur atas hidupku saat ini. Disana masih banyak orang-orang yang serba kekurangan dan membutuhkan. Salah satunya rumah yang menjadi posko aku disana selama 5 hari. Ibu itu mempunyai 2 orang anak perempuan, pada cantik-cantik banget asli. Anak pertama namanya Wulan dia sedang duduk di bangku SMK Pertanian Tanjungsari kelas 10. Kemudian anak kedua namanya Sinta yang masih di tingkat dasar kelas IV SD.

IMG_20161212_090940

To second, alhamdulillah aku udah bisa belajar untuk jadi seorang guru. Anak-anak SD kelas 4, 5, 6 ternyata masih pada lucu, imut, boloho *eitss. Apalagi yang kelas 1, 2, 3 deh kayanya mereka masih harus didikan setara TK *menurutku*. Pokoknya Bina Desa ini mengajarkan ku untuk lebih lebih mandiri and bekal pelajaran juga buat KKN nanti jadi sudah punya gambaran, deh. Bersyukur banget.

IMG20161210092412

To threeth, yang pasti dunia itu luas, jangankan dunia lah Jawa Barat or Indonesia itu masih luas guys. Jika kalian mengelilinginya, pasti relasi, teman, kenalan, and etc tak akan sedikit it’s mean pasti banyak bangeeet nget nget. Pasti BANYAK. Maka banyak dunia yang mesti dijelajahi.

Murid-muridku di SDN Pasirbiru, Rancakalong, Sumedang

Kelompok 3

Kelas 4

  1. Rifki
  2. Siska
  3. Titin
  4. Aliya

Kelas 5

  1. Raisa
  2. Rena
  3. Yosi

Kelas 6

  1. Raka
  2. Sandika

See on Path

Pembukaan Lifuma-AJ 2016

Assalamu’alaikum selamat siang dari kosan Oren kamar 1 melaporkan dan hujan yang mengguyur kawasan Manisi dan sekitarnya.

            Hari ini hari Senin ya semua orang juga pasti mengetahuinya. Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai acara Lifuma-AJ atau sering kita ketahui dengan kepanjangan Liga Futsal Mahasiswa – Antar Jurusan. Nah disini saya sebagai salah satu dari pesertanya, ya bisa dibilang atlet sih hehe. Tapi jangan heran kenapa kok ada perlombaan seperti itu di UIN? Namanya juga olahraga apa salahnya karena, UIN bukan hanya soal mengaji dan dakwah. Acara ini juga disetujui oleh Wakil Rektor III yakni bapak Muhtar Solihin dan sekaligus membuka acara tersebut. Oh iya kalau dalam bahasa perlombaan seperti ini disebutnya turnamen ya guys!

           Turnamen Lifuma-AJ resmi di buka oleh bapak Wakil Rektor III pada pukul 09:30 WIB yang bertempat di Mayasari Sport Hall dan didampingi oleh para atlet-atlet jajaran rektor seperti Ketua Umum UKM Liga. Turnamen ini akan berlangsung selama seminggu yang dimulai hari ini  tanggal 28 November dan berakhir pada tanggal 03 November 2016.

lifuma
2 dari kanan adalah wakil rektor 3 dan panitia sebelah kiri adalah Ketua Pelaksana.

Saya selaku peserta memohon doa untuk bisa menjadi juara dalam turnamen tahun ini. Kamu team putri Agroteknologi Putri mengirimkan 14 para atltet putri terbaik dari semua semester, 3 orang semester 1, 6 orang semester 3 dan 5 orang semester 5. Kami masuk dalam grup D lebih tepatnya D1 dan dalam grup tersebut ada dari jurusan MKS, Matematika Sains dan Sastra Arab atau PBA saya lupa deh. Nah untuk lebih jelasnya akan saya informasikan grup-grupnya dna jadwal pertandingannya.

Scout History of MTsN Cisalak

   mts

      MTsN Cisalak berasal dari sekolah PGA (Pendidikan Guru Agama) selama empat tahun berdiri pada tahun 1968 yang pastinya di Cisalak. Lokasinya sekarang terdapat bangunan MA Al-Husna. Itu lah sebagian dari tanahnya hasil infak dari keluarga Alm. H. Akbar dan sebagian lagi hasil kerja guru agama sekecamatan Cisalak. Kalau dulu kecamatan Cisalak tersebut mencakup 3 kecamatan seperti sekarang; Kec. Cisalak, Kec. Tanjung Siang dan Kec. Kasomalang. 

Apa hubungannya Pramuka MTsN Cisalak dengan semua itu…???

      Di PGA itu ada Pasukan Pandu yang lambangnya adalah kitri berbingkai Ka’bah. Nama pasukannya “Khalid bin Walid” dan lambing pasukannya dua buah pedang yang ditengahnya terdapat kitab suci Al-qur’an.

        Kisaran tahun 1975 kelas I di PGA hanya ada 18 orang, 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Pada tahun tersebut, Pasukan Pandu merubah menjadi “Pramuka” dengan gudep 16.32. Sementara itu ada pangkalan lain namanya SMP PGRI Cisalak nah kami sering bersaing lho dalam segala hal. Sekedar mengingat SMP PGRI itu dulunya berlokasi yang sekarang dipakai oleh di SDN Cisalak 3, jadi bukan SMP yang ada di Kapuknahun ya guys.

         Kisaran tahun 1976 diadakan gema Pramuka saat itu pasukan Khalid bin Walid juga ikut serta. Tapi, saat itu sama sekali belum memakai tenda seperti sekarang, apalagi kompor gas wkwk Tahu gak? Tendanya pakai apa? Huhuy… Prikitiwww tendanya terbuat dari ilalang di rangkai sendiri lagi, karenanya mudah terbakar hingga banyak tenda yang nyatanya terbakar. Kalian patut bersyukur menjadi Pramuka masa kini yang se-modern sekali. Apalagi saat itu masaknya memakai kayu bakar dan lokasinya juga bukan di Ranggawulung sebelah utara seperti sekarang, melainkan di sebelah selatan yang jelas lebih ekstrim dan menantang. Ditambah pada saat itu belum ada jalan dua seperti sekarang.

      Pada tahun 1977 diadakan Jambore tingkat Nasional untuk yang pertama kalinya. Letaknya di Sibolangit, Provinsi Sumatera Utara. Kecamatan Cisalak di pinta mengirikan pasukannya untuk diseleksi sejumlah 10 orang, begitupun dengan kecamatan-kecamatan yang lainnya. Tapi yang dibawa untuk mengikuti kegiatan Jambore itu hanya 30 orang. Hitung saja ya waktu itu Kabupaten Subang terbagi menjadi 23 Kecamatan, khusus SMP 1 Cisalak 10 orang.

         Mengapa ya SMP 1 Cisalak perwakilannya lebih banyak? Karena pada saat itu anu gaduhna / juragan SMP 1 Cisalak adalah Kak Kwarcab Subang namanya bapak H. Acu Samsudin, yaitu bapak Bupati Subang. Dikenal sebagai Bapak Pramuka Subang, salah satu jasa beliau adalah mendirikan CADIKA, di Indonesia Cuma ada 4 lho! Subang hebatkan?

         Sepuluh orang peserta Jambore dari 240 orang salah satunya adalah dari pasukan Khalid bin Walid, yaitu bapak Agus Gunawan, dan dari Kecamatan Cisalak itu hanya ada dua orang saja, yang satunya lagi dari SMP 1 Tanjungsiang namanya Dadang ‘saja’. Tahu gak kenapa beliau dipanggil Dadang saja? Karena, waktu beliau ditanya namanya siapa, beliau menjawab “Dadang” kemudian bapak Kwarcab kembali bertanya “Dadang apa?” dan beliau hanya menjawab “Dadang saja”.

        Sebagai salah satu cara mendapatkan nomer gudep sekaligus mengabdikan jasa anak-anak Pramuka Kabupaten Subang di setiap pangkalannya diadakan kegiatan jeritan malam yang ditempuh melalui jalan kaki dari CADIKA ke Ranggawulung jam 12 malam sendiri-sendiri lagi ukh…serem…! Mereka harus mendapatkan nomer gudep dan Lambang bagi Pangkalan regu masing-masing, dan pasukan Khalid bin Walid mendapatkan nomer gudep 11.081-11.082 dan sebagai lambangnya ialah burung Rajawali serta bunga Melati yang dapat ditemui di makam Santiong Subang.

       Sejak saat itu Pasukan Khalid bin Walid mengikuti peraturan Pramuka yang ditetapkan oleh Kwarcab. Diantaranya harus bercelana dan ber-rok pendek, untuk perempuan tidak boleh berkerudung, memakai kacu dan menggunakan Lambang yang sesuai dengan gerakan Pramuka. Akhirnya, Pramuka MTsN Cisalak dimulai pada tahun 1977 bisa kalian tepuk tangan.

          Pada tahun 1977 juga ada edaran dari Menteri Agama menyatakan siswa kelas 3 PGA boleh mengikuti ujian yang yang dinamakan ujian Tsanawiyah, dan kelas 4 PGA boleh mengikuti ujian Negara PGA 4 tahun. Maka sejak saat itu berdirilah :

Madrasah Tsanawiyah Negeri Cisalak (MTsN) dan hilanglah sekolah PGA 4 tahun.

Tahukah anda semua siswa pertama MTsN Cisalak pertama kali ada berapa? Siswa kels VII ada 9 orang, kelas VIII ada 13 orang, dab kelas IX ada 17 orang.

Kalian jika ingin tahu trik prestasi dari sekolahku tercinta ini?

  1. Selalu mengikuti kegiatan Jambore Nasional, sampai sekarang kecuali yang ke 9 di Sulawesi  Selatan. Alasannya kenapa bisa tidak berpartisipasi? Sampai saat ini saya belum menemukan jawabnnya.
  2. Selalu memimpin senam, untuk para alumni MTsN Cisalak dan juga alumni MAN Subang sudah tidak aneh dengan bapak yang bernama H. Jijib Mujiburohman. Beliau selalu memimpin senam di Ranggawulung lho, mewakili semua peserta kegiatan Gema Pramuka.

Jadi, mulai dari anak didik sampai guru selalu menjadi prang penting atau menjadi anggota bahkan panitia dalam kegiatan gerakan Pramuka dari tingkat Kwarcab sampai Kwarda. Ini salah satu peraihan 3 medali penghargaan :

  • 2 jasa penghargaan bintang 5 (Jendral Pramuka)
  • 1 jasa penghargaan bintang 2 (Kapten)

Nah, karena itu kita harus aktif dalam Pramuka? Mengapa? Sebab dengan Pramuka kita bisa banyak teman yang paling utama, tahu negeri orang, bermental baja dan dikenang sepanjang masa…

So, siapa disini yang anak Pramuka banget boleh komentar, mengkritik serta saran atau sekedar berbagi pengalaman dibawah kolom ‘comment’ tersebut 🙂

Cisalak, 6 Maret 2013

mts 4

 

 

True Story!

hahahahaha tak tahan tawaku ketika melihat tulisan ini, kata penulisnya sih tulisan ini disebut artikel siapa lagi penulis tulisan ini kalo yang punya blog ini si Hana Fitriani wkwk. Ceritanya ini artikel buat salah satu syarat untuk masuk UKM (unit kegiatan mahasiswa) LPM SUAKA. Dimulai dari nol aku mengenal lagi karya tulisan, sebenarnya kalo dulu aku punya blog ini mungkin udah terkenal kali kaya anaknya *teeeeet*Berhubung dulu tuh masih kurang update dan dulu juga aku mondok, jadi minim banget waktu buat kaya ginian kaaan!

Demi hobiku yang mungkin kurang terwadahi ini aku nekad ikut ukm tersebut untuk mengembangkan dan mempertajam lagi hobi ini. Sudah daftar akhirnya disuruh membikin sebuah artikel yang berhubungan dengan sekitaran kampus, so well, aku terinspirasi keramaian didepan kampus aja, apalagi kalo bukan MACET. Tapi, alhamdulillah walaupun artikelnya sama sekali gak sesuai dengan kriteria tapi aku lolos masuk seleksi tahap berikutnya wkwk gak percaya ya ? Sama kali aku juga lagian ini tulisan apa maunya sih nggak jelas dan nggak nyambung *ngehina diri sendiri* -___- nyok kita liat tulisan artikel ciptaannya siapa ya, gimana ini gak ada yang ngaku wkwk Okelah ciptaan aku sendiri yaaa!

Untitled3

Untitled3