Kunjungan Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) Bogor

Pada hari Senin tepatnya tanggal 25 April 2016, kami selaku mahasiswa/i Jurusan Agroteknologi  Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Tanah (Balittanah) di Jalan Tentara Pelajar No. 12 Cimanggu Bogor 16114 – Jawa Barat, Indonesia. Tujuan dari kunjungan ini adalah guna mengetahui tugas pokok dari Balittanah yaitu melaksanakan penelitian dan pengembangan sumberdaya lahan pertanian. Cara pengamatan yang digunakan adalah dengan melakukan kunjungan langsung dan kami disambut dengan baik oleh pihak petugas Balittanah untuk menerima materi masuk ke ruangan yang ada di dalam gedung Agrocinema.

Dalam ruangan tersebut kami diberikan tayangan yang berisi tentang pertanian di Indonesia, kesuksesan petani, latar belakang kesuksesan, penghasilan dan keuntungan yang dihasilkan. Proses menyimak tayangan tersebut dilakukan selama kurang lebih 1 jam. Acara tersebut dipandu oleh Dra. Rosmimik, M.Si dan Ijang Isyapuddin A.Md yang didampingi Ir. A.Kasno, M.Si, Ibrahim Adamy, SP., M.Sc dan Ir. Dedy Erfandi. Pembukaan materi dimulai dengan pernyataan ibu Dra. Rosminik, M.Si selaku pembawa acara yakni, generasi muda kita perlu dibekali dengan informasi-informasi yang benar terkait dengan program strategis Kementan, dimana teknologi Sumber Daya Lahan banyak berkontribusi dalam menunjang keberhasilan program Upsus.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) merupakan unit kerja lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang dibentuk berdasar SK Mentan No. 37/Permentan/OT.140/3/2013, tanggal 11 Maret 2013. Lembaga ini menggantikan Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat yang merupakan pengembangan dari sebuah Laboratorium tot Vermeerdering de Kennis van den Bodem (Laboratorium untuk perluasan pengetahuan tentang tanah) yang merupakan bagian dari Laboratoria voor Inlandschen en voor Bodemonderzoekingen (Laboratoria untuk pertanian rakyat dan penyelidikan tanah) sebagai pendukung Departement van Landbouw, yang mulai difungsikan pada bulan Agustus 1905. Pada tahun 1974, lembaga yang pada waktu itu sudah bernama Lembaga Penelitian Tanah bersama lembaga-lembaga penelitian pertanian lainnya bergabung dalam satu wadah, yaitu Badan Penelitian dan Pengembangan 1991 lembaga ini mendapat mandat baru yaitu penelitian di bidang agroklimat dan pada tahun 2001 mandat itu ditambah lagi dengan lanjutan dari suatu penelitian yaitu Pertanian melalui Keppres No. 44 dan No. 45 tahun 1974.

Selama berada di dalam lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, pada tahun pengembangan sehingga namanya menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat. Selanjutnya, pada tahun 2005, lembaga ini menjadi sebuah balai besar yang menangani penelitian dan pengembangan sumberdaya lahan pertanian.

Perkembangan nama BBSDLP tahun 1905 – sekarang:

NO Nama Organisasi Tahun
1 Laboratorium tot Vermeerdering de Kennis van den Bodem 1905-1913
2 Laboratorium voor Agrogeologie en Grondonderzoek 1914-1921
3 Laboratorium voor Agrogeologie en Grondonderzoek 1922-1929
4 Bodemkundig Instituut 1930-1942
5 Dozyoobu (Balai Penjelidikan Tanah) Bodemkundig Instituut (BI) 1943-1944
6 Bodemkundig Instituut (BI) 1945-1949
7 Balai Penjelidikan Tanah (BPT) 1950-1962
8 Lembaga Penjelidikan Tanah 1962-1963
9 Lembaga Penelitian Tanah dan Pemupukan 1963-1966
10 Lembaga Penelitian Tanah (LPT) 1967-1980
11 Pusat Penelitian Tanah 1981-1990
12 Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat 1991-2001
13 Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat 2001-2005
14 Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBPSLP) 2005-kini/
recently

 Visi

“Menjadi lembaga penelitian dan pengembangan sumberdaya lahan pertanian berkelas dunia dalam menghasilkan dan mengembangkan inovasi teknologi sumberdaya lahan pertanian mendukung terwujudnya sistem pertanian industrial.”

Misi

“Menghasilkan dan mengembangkan inovasi teknologi serta rekomendasi kebijakan di bidang sumberdaya lahan pertanian mendukung terwujudnya sistem pertanian industrial.

Meningkatkan kualitas sumberdaya penelitian bidang sumberdaya lahan pertanian serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatannya

Mengembangkan jaringan kerjasama nasional dan internasional dalam rangka penguasaan iptek dan peningkatan peran Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian dalam pembangunan pertanian.”

Guna mensinergikan kegiatan penelitian dan pengembangan sumberdaya lahan pertanian, sesuai dengan SK Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian No. 157/Kpts/OT.160/J/7/2006, tanggal 10 Juli 2006, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian mempunyai tugas mengkoordinasikan kegiatan penelitian dan pengembangan yang bersifat lintas sumberdaya di bidang tanah (Balai Penelitian Tanah), agroklimat dan hidrologi (Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi), lahan rawa (Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa), serta pencemaran lingkungan pertanian (Balai Penelitian Lingkungan Pertanian).

Untuk lebih jelas Badan Penelitian Tanah yaitu badan bergerak pada penelitian tanah yang bergerak di teknologi terbagi mencakup 5 aspek :

  1. Kesuburan Tanah
  2. Observasi Tanah
  3. Biologi Tanah
  4. Fisika Tanah
  5. Kimia Tanah

Ada peribahasa yang unik ketika penyampaian materi ialah singkatan dari “PAJALE BABE SATE” . Kemudian Balittanah mempunyai 5 laboratorium, yakni :

  1. Laboratorium Kimia
  2. Laboratorium Fisika
  3. Laboratorium Biologi
  4. Laboratorium Mineralogi

     Saat berjalan-jalan untuk mengetahui isi dari laboratorium-laboratorium tersebut kami hanya mengunjungi laboratorium Kimia karena, waktunya yang tidak mengizinkan sehingga tidak lama adzan dzuhur untuk melaksanakan Sholat kemudian kami makan siang.

 

Kembali ke topik tentang materi yang disampaikan oleh Bapak Ir. Dedy Erfandi tentang Fisika Tanah. Didalam materinya beliau menjelaskan Fisika Tanah yang mencakup bulk density, tekstur, partikel, konservasi serta degradasi. Menurut bapak yang berkaca mata tersebut kita harus memiliki inovasi dan dasarnya. Akhir materi ditutup dengan adanya 3 pertanyaan.

Pertanyaan pertama saudari Firda Ayu Lestari dari kelas A yang menanyakan bagaimana langkah-langkah dalam merubah lahan tambang?

Pertanyaan kedua datang dari saudara Andi Muhfi Zandi yang sama juga kelas A bertanya soal konservasi lahan sudah dilakukan berapa lama serta bagaimana cara memperbaiki lahan yang terkena limbah?

Pertanyaan ketiga yakni pertanyaan terakhir oleh saudara Khairul Razaq dari kelas B menanyakan mengapa tanaman transgenik di Indonesia masih kurang dilakukan?

Kbt tengah

BBSDLP merupakan unit kerja Eselon II b yang secara struktural adalah salah satu unit kerja di lingkup Badan Litbang Pertanian dengan yang mempunyai tugas: Melaksanakan penelitian dan pengembangan sumberdaya lahan pertanian. Untuk menyebarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, Balittanah menerbitkan beberapa publikasi berupa jurnal, buletin, leaflet, brosur dan lain-lain. Publikasi tersebut ada yang diterbitkan sendiri maupun diterbitkan di berbagai media massa.

Dari hasil kunjungan yang telah dilakukan tersebut, kami dapat mengenal dan mengetahui Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian yang disingkat BBSDLP itu, mengetahui lokasi Balai tersebut, menambah wawasan tentang ilmu pertanian. Manfaat lain yang kami dapatkan yaitu jika ingin sukses di dunia bisnis budidaya dalam pengolahan lahan kita harus fokus, sabar dan pantang menyerah. Jika dalam bidang pasar pastinya kita harus memiliki niat yang paling utama serta mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar, mencoba dulu dan selalu bertanya.

Akhir dari artikel kami ini sebagai mahasiswa yang berkonsentrasi dalam bidang pertanian mendapatkan amamat dari pihak Balittanah, jika ingin sukses dan memiliki manfaat yang menguntungkan serta hasil yang maksimal selama penelitian dan ketika akan sarjana, dekatilah peneliti 🙂

Bogor, 25 April 2016

Penulis: hanaftrni

Don't you be so arrogant! let the prayer your last have to bow from kneeling!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s